Membuat pancake fluffy, lembut, montok dan sedap

Pancake fluffy, lembut, montok dan sedap

Pancake Fluffy
Pancake Fluffy, enak

Membuat pancake fluffy, lembut, montok dan sedap

Ada yang suka sarapan pancake? Pancake seperti apa yang teman-teman suka? yang tipis atau yang tebal? Biasanya saya lebih suka membuat pancake yang tipis-tipis saja. Soalnya anak saya suka menggunakan macam-macam toping saat makannya. Jadi tentu terlampau kenyang jika pancakenya tebal.
Biarpun tipis, saya tetap memakai butter milk sehingga hasilnya tetap lembut dan sedap. Tapi kali ini saya ingin share resep pancake tebal yang baru-baru ini saya coba. Senang  rasanya sudah mencoba resep ini. Sekali coba langsung suka, soalnya hasilnya lembut, montok, menul-menul begitu. Rasanya tentu saja sedaap.
Karena sudah tebal, saya tidak siapkan banyak topping, tapi ternyata anak saya tetep suka. Dimakan dengan taburan keju atau chocolate chip, dengan es krim, dengan selai cokelat, sama enaknya. Bahkan hanya dengan olesan madu atau dimakan begitu saja sudah enak.
Resepnya saya ambil dari Ignya Mbak cantik selebgram Tintin Rayner, yang menurut beliau resep aslinya berasal dari Martha Steward. Satu resep menghasilkan 4 buah pancake yang gendut-gendut. Saya cuma foto 3 soalnya waktu motret yang satu lagi belum mateng. Sengaja motretnya buru-buru supaya si pancake masih tetap anget pas dimakan, hehe
Resep ini menggunakan buttermilk. Bila tidak mempunyai stok buttermilk di rumah bisa juga membuatnya sendiri dari susu cair yang diberi 2 sdm air perasan jeruk lemon, lalu dibiarkan 10-30 menit. Bila tak ada susu cair, bisa juga mencairkan susu bubuk.
Supaya bentuknya seragam, saya memanggangnya di wajan teflon kecil diameter 12 cm. Teman-teman juga bisa menggunakan cetakan pancake untuk mendapatkan ukuran sama. Apinya keciiiiil saja supaya tak mudah gosong.
Untuk yang ingin mencoba juga, ini dia resepnya:

Resep Pancake Fluffy, lembut, montok, dan sedap

Bahan:
  • 130 gr tepung terigu serbaguna
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 sdt baking soda
  • 1/4 sdt garam halus
  • 1,5 sdm gula pasir (saya menggunakan 2 sdm)
  • 1 butir telur ukuran jumbo, kocok lepas
  • 130-150 ml buttermilk (bisa diganti dengan susu cair yang diberi 2 sdm perasan air jeruk lemon dan dibiarkan 10 menit)
  • 2 sdm mentega, lelehkan.

Cara membuat:

  1. Campur seluruh bahan kering, yaitu tepung terigu, baking powder, baking soda, garam halus, dan gula pasir, lalu aduk hingga rata. Sisihkan.
  2. Campur kocokan telur dengan buttermilk dan butter leleh, aduk hingga rata. Lalu masukkan bahan kering ke dalam campuran telur. Selanjutnya diaduk seperlunya atau asal rata saja, tidak perlu diaduk sampai licin, supaya pancakenya tidak bantat.
  3. Panaskan wajan anti lengket dengan sedikit mentega/margarin dan api sedang, lalu tuang adonan. Setelah berlubang-lubang dibalik dan setelah kuning kecokelatan diangkat, waktunya sekitar 1 menit saja. (karena menggunakan wajan kecil, saya menggunakan api kecil dan wajannya ditutup rapat, setelah bagian bawahnya matang segera dibalik dan dipanggang lagi hingga matang.
  4. Sajikan dengan topping sesuai selera.
 Begitulah cara membuat resep pancake fluffy, lembut, montok, dan sedap. Semoga bermanfaat.

Diambil Dari : kumpulanresepmakananindonesia.com

 

Post a Comment

0 Comments