Balado Jengkol Kekinian,Wajib Di Coba

Resep Komplit Membuat Balado Jengkol Kekinian
Balado Jengkol Kekinian
Balado Jengkol Kekinian
Sobat Kuliner-Wenak ! kalian para pecinta jengkol di nusantara , ini ada resep yang nampol banget dan patut di coba . yaitu Balado Jengkol Kekinian. Dijamin kalian pasti akan ketagihan dan ingin terus menyantapnya. 

Kalo pavorite saya sendiri jengkol semur dan rendang , namun yang balado juga rasanya nampol banget. coba kalian liat sobat gambar di atas gimana bikin ngiler kan . untuk Harga jengkol sekarang juga sudah stabil , tapi ada kemungkinan bakal ada kenaikkan nanti di akhir tahun apalagi pas sudah masuk hari raya , seperti natal nanti.

Asal - Usul Jengkol 
Kalian tau asal jengkol berasal dari mana Jengkol atau jering wilayah adalah tumbuhan khas di Asia Tenggara. Bangsa Barat menyebutnya sebagai dog fruit.
Manffat Kesehatan 
Dari segi nutrisi, jengkol memiliki vitamin, asam jengkolat, mineral, dan serat yang tinggi. Namun karena efek samping yang ditimbulkan, maka konsumsinya menjadi terbatas. 


Gangguan Kesehatan 
engkol sedikit beracun karena adanya kandungan asam jengkol, sebuah asam amino yang dapat menyebabkan djenkolism (keracunan biji jengkol). Gejala yang muncul antara lain terjadinya kejang otot, pirai, retensi urin, dan gagal ginjal akut. Kondisi tersebut terutama dialami pria, dan tidak bergantung dari berapa jumlah biji yang disiapkan. Setiap individu dapat dapat mengonsumsi jengkol tanpa insiden, tetapi dapat mengalami gagal ginjal pada kesempatan yang lain.

Kalian sekarang sudah tahukan, darimana jengkol itu berasal , Manfaatnya bagi kesehatan kita dan juga Gangguan apa ajah sih yang bakal terjadi bagi kesehatan kita di dalam mengkonsumsi Jengkol.
Jadi sobat Kuliner-Wenak Perlu kalian ingat .
SESUATU YANG BERLEBIHAN ITU TIDAK BAIK BAGI DIRI KITA
Konsumsi lah sesuai dengan kebutuhan kita , jangan sampai berlebihan karena kalian liat sendiri di Atas Gangguan Kesehatan jika terlalu banyak mengkonsumsi Jengkol . malah menjadi berbahaya buat diri kita. ohh iyah ini bukan cuma untuk jengkol saja yah sobat semua makanan dan minuman juga ada efek sampingnya. 
Inilah Resep dan Cara Membuat Balado Jengkol Kekinian

Bahan-bahan

500 gr jengkol tua
8 butir bawang merah
4 butir bawang putih
5 butir kemiri sangrai
20 cabai merah keriting
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
1 ruas lengkuas
1 butir gula jawa
Secukupnya kecap manis
Secukupnya nya gula, garam, merica bubuk
Secukupnya air matang















 =========================================================================
Jika Kalian sudah Menyiapkan semua bahan - bahan di atas langsung ajah nih sobat Kuliner-Wenak Langkah-Langkah Penyajian Membuat Jengkol balado yah.

- Cuci bersih jengkol kemudian Rebus jengkol menggunakan air bekas cucian beras biarkan sampai air sedikit menyusut, buang air rebusan, memarkan jengkol dengan ulekan,rebus kembali.. ganti dengan air rebusan yg baru,sedikit ditambahkan garam.. untuk rebusan ke 2 kira2 cukup 10 menit saja.. tiriskan

- Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri dan cabai merah.. kemudian tumis bumbu halus.. sampai wangi.. tambahkan daun salam, daun jeruk dan gula jawa.. tambahkan sedikit air,bumbui kecap manis, garam, gula dan merica bubuk.. biarkan sampai bumbu matang..

- Saat bumbu sudah matang, masukan jengkol aduk2 sebentar.. biarkan agar bumbu agak menyusut.. kembali tes rasa.. jika sudah pas matikan api 
 
Jengkol Balado

Jangan Lupa Komentar di bawah yah Sobat dan juga jangan lupa untuk Ikuti Web Ini terus biar selalu mendapatkan update seputar Kuliner Nusantara dan Resep Lainnya.

Sumber : Wikipedia, Dan Cookpad.

Post a Comment

0 Comments