Resep Kolak Biji Salak Enak

Cara memasak kolak biji salak

 
Jalan-jalan sore di bulan Ramadhan sungguh besar godaannya. Rasanya asal melewati pinggiran jalan selalu terlihat pemandangan yang sama. Aneka makanan dan minuman untuk takjil yang digelar menarik dan kerumunan orang yang asyik memilih-milih atau membeli.

Salah satu minuman yang hampir selalu ada adalah kolak biji salak. Biji salaknya tentu bukan biji salak betulan, tapi dari ubi jalar yang direbus dan dicampur tepung sagu lalu dibentuk bulat. Selanjutnya biji salak itu dimasak seperti orang membuat kolak.
Umumnya biji salak dibuat kolak dengan campuran kolang-kaling, ada yang dicampur dengan pisang, ada juga yang mencampurnya dengan rebusan pacar cina. Apapun campurannya, rasanya tetap saja enak.
Lembutnya biji salak yang membelai lidah dan manisnya kuah santan dan gula merah, rasanya selalu nikmat disantap saat berbuka puasa. Apalagi kolak biji salak ini bisa dinikmati hangat, bisa juga dinikmati dingin dengan tambahan es batu.
Biasanya biji salak yang dijual di pasaran ukurannya kecil-kecil. Tapi tergantung selera yang membuatnya juga. Bagi yang suka biji salak berukuran lebih besar, tentu merasa kurang puas menyantap yang kecil-kecil.
Ketika pertama membuat sendiri, saya agak kaget karena hasilnya biji salak jumbo. Di luar perkiraan saya, ternyata biji salak saat direbus mengembang menjadi lebih besar.  Jadi saat membuat bulatan biji salak, kita justru harus membuatnya lebih kecil dari ukuran diinginkan.
Resep biji salak ada dua versi. Versi yang sering kita temukan di tempat penjualan takjil umumnya sederhana, biji salaknya disajikan seperti kolak biasa. Namun ada juga yang berbeda cara penyajiannya, biji salaknya di rebus dengan kuah gula merah, lalu diberi larutan tepung kanji sehingga mengental seperti bubur lalu dinikmati dengan kucuran santan di atasnya.
Kedua resep itu sama saja menariknya. Pilihan tergantung selera masing-masing tentunya. Nah, kali ini saya ingin share kolak biji salak yang sederhana saja. Seperti membuat kolak biasa. Bagi yang suka boleh ditambah dengan kolang-kaling, pisang, atau pacar cina.
Ini dia resep selengkapnya:

Resep Kolak Biji Salak Enak

Bahan:
  • 500 gram ubi merah, kukus hingga matang lalu tumbuk halus, biarkan dingin, sisihkan
  • 120 gram tepung tapioka
  • 1/4 sdt garam
  • 1 liter air bersih
  • 100 gram gula aren atau gula merah
  • Secukupnya gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 100 ml santan dengan kekentalan sedang
  • 2 lembar daun pandan, sobek pinggirnya dan simpulkan

Cara membuat:

  1. Campur ubi kukus yang sudah dingin dengan sejumput garam dan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga rata, lalu buat bentuk bulat-bulat kecil ukuran sesuai selera. Kerjakan hingga semuanya selesai. Sisihkan. (bila ubi dirasa kurang manis, tambahkan 2 sdm gula pasir).
  2. Rebus 1 liter air bersih dengan garam, gula merah, dan gula pasir hingga mendidih dan gulanya larut.
  3. Selanjutnya masukkan bulatan biji salak dan rebus hingga mengapung. Jika sudah mengapung artinya sudah matang.
  4. Masukkan santan, sambil diaduk-aduk supaya tidak pecah. Cicipi dan koreksi rasanya apakah manisnya sudah cukup, jika sudah cukup tunggu santannya mendidih, lalu segera angkat.
  5. Sajikan biji salak dalam keadaan hangat atau dingin dengan tambahan es batu.
Begitulah cara membuat resep kolak biji salak enak. Bila ingin disajikan kental seperti bubur, tambahkan 2 sdm tepung tapioka yang telah dilarutkan dengan air secukupnya pada larutan gula. Rebus santannya terpisah dan kucurkan sebelum disantap. IN

Post a Comment

0 Comments